lazada

Proteksi Sistem Tenaga Listrik

Ditulis oleh: -
BAGIKAN →
BAB I
PENDAHULUAN
i. Abstrak
Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan zaman terlebih di era globalisasi ini, minggu lepas minggu, bulan lepas bulan bahkan tahun lepas tahun semakin bertambah pesat dirasakan oleh manusia dan semakin bertambahnya pula jumlah manusia ( sebagai konsumen )didunia ini, dan secara langsung akan mengakibatkan semakin banyaknya kebutuhan yang harus disediakan oleh manusia itu sendiri.

Diantara sekian bayak kebutuhan ,maka kemajuan teknologi banyak membantu kepentingan umat manusia, salah satunya kemajuan dalam bidang tenaga listrik. Kebutuhan akan tenaga listrik khususnya di Indonesia semakin lama akan terus dirasakan, misalnya dalam bidang penerangan rumah/ alat-alat rumah tangga, kebutuhan Industri dan perkembangan tersebut sesuai dengan kemajuan ekonomi rakyat.

Industrialisasi tidak akan tercapai ataupun berhasil kalau tidak didahului dengan penyediaan tenaga listrik yang memadai. Maka masalah skill atau reliability segala peralatan dan kotiunitas penyaluran daya harus juga ditingkatkan, demi lancarnaya penyediaan listrik kepada konsumen. Diantaranya dengan mendapat perhatian serius masalah “Proteksi system tenaga listrik”
BAB II
PEMBAHASAN

I. DASAR- DASAR SISTEM PROTEKSI

1.1 Definisi Sistem Proteksi, adalah sebuah sistem proteksi yang dipasang pada peralatan-peralatan listrik suatu sistem tenaga listrik, misalnya generator, transformator, jaringan dan lain-lain, terhadap kondisi abnormal operasi sistem itu sendiri.

Kehandalan dan kemampuan suatu sistem tenaga listrik dalam melayani konsumen sangat tergantung pada sistem proteksi yang digunakan. Oleh sebab itu dalam perencangan suatu sistem tenaga listrik, perlu dipertimbangkan kondisi-kondisi gangguan yang mungkin terjadi pada sistem, melalui analisa gangguan.

Dari hasil analisa gangguan, dapat ditentukan sistem proteksi yang akan digunakan, seperti: spesifikasi switchgear, rating circuit breaker (CB) serta penetapan besaran-besaran yang menentukan bekerjanya suatu relay (setting relay) untuk keperluan proteksi.

1.2. Prinsip Dasar Proteksi
Setelah kita membahas lebih lanjut tentang Prinsip Dasar Proteksi Tenaga Listrik, maka terlebih dahulu kita perlu diketahui tentang :

a). Apa yang dimaksud dengan Daya Proteksi Sistem Tenaga Itu ?
Yang dimaksud dengan proteksi sistem tenaga listrik adalah sistem proteksi yang dilakukan kepada peralatan-peralatan listrik yang terpasang pada suatu sistem tenaga misanya generator, transformator jaringan dan lain-lain, terhadap kondisi abnormal operasi sistem itu sendiri. Kondisi abnormal itu dapat berupa antara lain : hubung singkat,
tegangan lebih, beban lebih, frekuensi sistem rendah, asinkron dan lain-lain.

b). Mengapa Proteksi diperlukan ?
Untuk mengetahui lebih lengkapnya, silakan Download disini


Blogger Templates

Blogger Templates

1 comments :

  1. apa yang dimaksud dengan koordinasi proteksi pada gangguan sistem distribusi radial...??

    BalasHapus